Info Kemenag

Kurikulum 2013 memberikan keleluasaan GPAI untuk berkresi dan inovasi
khususnya GPAI di kabupaten Tuban silakan untuk perhatikan dan cermati
Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar PAI SMP
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1 Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2 Beriman kepada Allah SWT
1.3 Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4 Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5 Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6 Melaksanakan shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7 Melaksanakan shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan QSAl- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2 Memiliki perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3 Memiliki perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.2 Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3 Memahami kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4 Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5 Memahami ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6 Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.7 Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.8 Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.10 Mengetahui karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Membaca QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
4.2 Menunjukkan hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan lancar
4.3 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
4.5 Mempraktikkan shalat berjama’ah
4.6 Mempraktikkan shalat Jum’at

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2 Meyakini Kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3 Meyakini Nabi Muhammad saw sebagai nabi akhir zaman
1.4 Melaksanakan shalat sunnah
1.5 Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6 Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7 Mengkonsumsi makanan yang halal dan bergizi
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1 Memiliki perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
2.2 Memiliki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3 Memiliki perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4 Memiliki perilaku semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5 Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami makna QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2 Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4 Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6 Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah
3.7 Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
3.8 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1 Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2 Menunjukkan hafalanQS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3 Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4 Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5 Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

KELAS IX
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 1.1. Membaca al-Qur’an dengan tartil
1.2. Beriman kepada Hari Akhir
1.3. Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4. Melaksanakan penyembelihan hewan berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5. Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.1. Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2. Memiliki perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3. Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.4. Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir
2.5. Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Qadha dan Qadar
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2. Memahami QS. Al Hujurat (49):13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3. Memahami makna iman kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4. Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5. Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
3.6. Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7. Memahami ketentuan haji dan umroh
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 4.1. Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2. Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159 dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3. Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4. Mempraktekkan manasik haji
4.5. Mempraktekkan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan sekitar rumah
4.6. Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7. Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara

LAPORAN HASIL USBN
Form B1
Diisi oleh Sekolah Penyelenggara

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN 2012

NILAI UJIAN TULIS

TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nama Sekolah : ……………………………………………………………………
Alamat : ……………………………………………………………………
Telp/Fax : ……………………………………………………………………
Kecamatan : ……………………………………………………………………
Kab./Kota : ……………………………………………………………………
Provinsi : ……………………………………………………………………
Jumlah Peserta : Lk ……..……, Pr……..………, Jumlah : ……………orang

NOMOR NAMA PESERTA NILAI
URUT PESERTA USBN PRAKTIK AKHLAK MULIA
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
dst
Nilai Tertinggi
Nilai Terendah
Rata-rata Nilai
……………………….. 2012
Keterangan : Kepala Sekolah,
– Laporan dikirim dalam format Excel
– Cantumkan nilai seluruh peserta USBN PAI
– Nilai tertinggi, nilai terendah, rata-rata dan ……………………………..
pengesahan Kepala Sekolah pada lembar terakhir NIP.
– Kirimkan softcopy laporan ini ke: panpus.usbnpai@gmail.com

INFO HASIL USBN PAI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011/2012
SUB RAYON O3
1. SMP Negeri 3 Tuban
a. Nilai tertinggi : 9.0
b. Nilai terendah : 4.60
c. NILai rata-rata : 8.11
2.SMP Negeri 1 Semanding
a. Nilai tertinggi : 8,20
b. Nilai terendah : 4.60
c. Nilai rata-rata : 7.75
3. SMP Negeri 2 Palang
a. Nilai tertinggi : 8.20
b. Nilai terendah : 2.40
c. Nilai rata-rata : 6.37
4. SMP Negeri 7 Tuban
a. Nilai tertinggi : 8.20
b. Nilai terendah : 4.60
c. Nilai rata-rata :6.39

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: